Warung Bebas Videos

Sabtu, 14 Januari 2012

DIPTARA

DIPTARA


Gratisan Itu Tidak Tahan Lama dan Rawan Masalah

Posted: 14 Jan 2012 02:03 AM PST

Template
Hari Kamis 12 Januari 2012 malam kemarin saya akhirnya memutuskan untuk mengganti template blog ini. Setelah sekian lama hampir tiga tahun lamanya sejak bulan Agustus 2009 blog ini belum pernah sekalipun ganti template. Uh, lama sekali, ya? Kenapa tiba-tiba ganti template? Gara-garanya, template saya yang lama mengalami error. Maklum template gratisan yang beberapa image ada yang embed dari layanan gratis Photobucket jadi begitu layanan gratisan dari Photubucketnya ditutup (limited) akhirnya template jadi error. Beberapa image berupa icon dan background yang seharusnya tampil jadi gagal muncul.

Gratisan Itu Tidak Tahan Lama dan Rawan Masalah. Betul? Sepertinya rumus itu banyak berlaku di semua layanan, tak terkecuali layanan di internet. Namanya juga barang/layanan gratis jadi sepenuhnya bergantung belas kasihan yang memberi. Jika yang memberi sudah mulai itung-itungan dan menyatakan tidak mendapat sharing benefit apa-apa, alhasil ditutup lah layanan gratis mereka. Jadi sebagai pengguna barang gratisan kita mesti tahu diri juga dengan membayar, jangan cari yang gratisan melulu. :D

Terkait masalah layanan gratisan saya ada contoh. Contoh yang sebaiknya dihindari, dalam berbisnis sebaiknya menghindari layanan gratis. Karena, sekali lagi yang gratisan itu tidak tahan lama dan rawan masalah, dan juga dicurangi. Saya akan cerita pengalaman buruk saya menggunakan layanan gratis. Yaitu layanan Forwarding Pembelian Online. Hanya karena ingin menghemat biaya membership fee alamat forwarding di USA, saya akhirnya malah orot-orot biaya. Kena cekik pajak bea masuk tinggi di DHL, dan juga masih ditambah barang order klien Jasa Pembelian Online saya hilang dicuri oleh, entah oknum dari DHL, Shipper, atau Pabean (Custom). Next saya akan ceritakan pengalaman buruk saya menggunakan jasa kurir luar negeri dari DHL.

Balik lagi ke masalah template. Karena saya tak punya keahlian ngutak-ngatik template dan coding web apalagi keahlian webmaster. Hanya mengerti sedikit dasar-dasar pemrograman HTML, dengan modal nekat karena waktu yang sangat mendesak, hanya semalam. Setelah ubek-ubek sana-sini lewat Google untuk mencari-cari template mana yang cocok, akhirnya pilihan saya jatuhkan pada template dua kolom buatan dari Desi Templates. Saya menjatuhkan pilihan pada template yang bernama Blogsony Blogger Template karena menurut saya yang paling pas sebab simple, tidak terlalu banyak kolom sehingga lebar area posting maupun sidebar jadi terasa lega. Tidak seperti template yang kemarin terlihat sangat sumpek area postingnya karena terlalu mepet dan dipadatkan.

Lumayan melelahkan juga ternyata proses ganti templatenya. Saya sampai bergadang hingga pukul 3:00 pagi untuk melakukan proses perpindahan ini. Saya merestore satu per satu beberapa setting script templatenya dari backup template yang lama, lalu mencopinya ke template yang baru. Beberapa widget yang lama banyak yang saya buang dan saya putuskan tidak pasang lagi. Seperti widget-widget statistik dan bookmark blog directory saya buang semuanya.

Hem, saya tidak tahu apakah ini sebuah kebetulan belaka. Kenapa Photobucket melimited layanannya secara tiba-tiba di tahun ini. Kok bisa bareng dengan pergantian tahun? Tapi, ya saya harus bersyukur mumpung ini momentnya juga masih di pertengahan bulan Januari, pas baru saja pergantian tahun dari 2011 menjadi tahun 2012. Jadi, tentunya harapan saya semoga perubahan ini bisa membawa suasana baru, semangat baru, dan rejeki baru dalam ngeblog. Dan satu lagi tidak terus ketiban sial lagi. Amin. He..He…


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar